Sekitar 1.900 Jiwa Terpapar Banjir Bangka Belitung

JAKARTA – Hujan deras yang terjadi dua hari lalu (28/1), pukul 5 pagi, telah memicu banjir di beberapa titik di Provinsi Bangka Belitung. Hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 2 dini hari, bertepatan dengan air laut pasang ini, menyebabkan sekitar 1.947 jiwa terpapar banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan bahwa lokasi terdampak berada di tiga kelurahan, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat. 


Dua kelurahan tersebut adalah Kelurahan Tanjung (Dusun Tanjung Laut, Teluk Rubiah, Kampung Ulu, Gg. Sadar, dan Pasar Tengah), Kelurahan Sungai Daeng (Dusun Culong) dan Desa Belo Laut (Dusun 1, 2, dan 3). Wilayah dengan penduduk terpapar tertinggi berada di Kelurahan Tanjung yang mencakup 1.017 jiwa. 

BPBD juga melaporkan bahwa kerugian materiil mencakup 3 jembatan putus, yaitu 2 jembatan di Desa Mayang, Kecamatan Simpang Teritip dan 1 jembatan di Desa Belo Laut, Muntok. Dua jembatan abrasi lainnya di Desa Air belo dan Belo Laut juga rusak. Tinggi muka air saat itu mencapai 2 meter.  Namun demikian, air telah berangsur surut sekitar pukul 12.00 siang.


BPBD provinsi dan kabupaten beserta stakeholders lain telah mengevakuasi korban dan melakukan pendataan di lapangan. Pos komando juga telah bekerja sejak hari pertama dan beroperasi di tiga titik, yaitu di Tebing Pos, Culong dan Belo Laut. 

Related posts