Sinabung Adalah Kita

Tanah Karo (17/8) - Semangat hari kemerdekaan RI ke -70 memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat tanah karo. Harapan untuk memperoleh kembali kehidupan pasca erupsi gunung sinabung yang berkepanjangan, tidak mengurangi semangat rakyat tanah karo bahu membahu bersama unsur pemerintah untuk menata kembali kehidupan sosialnya. 

Semangat kemanusiaan untuk sinabung tersiar saat pengarahan Kepala BNPB, Prof. Dr. Syamsul Maarif pada acara peluncuran Tim Pendampingan Nasional (TPN) Percepatan Penanganan Bencana Erupsi Sinabung di Kantor Pemerintah Kabupaten Karo sesaat setelah memperingati detik-detik kemerdekaan RI bersama Bupati dan Unsur Muspida Tanah Karo di Stadion Kaban Jahe. 

TPN Percepatan Penanganan Bencana Erupsi Sinabung mempunyai tugas memberikan bantuan, fasilitasi dan pengerahan sumber nasional lainnya untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat korban bencana. "Konkritnya adalah Tim TPN saat ini harus fokus pada pembangunan hunian 370 kk layak huni dan jalan prioritas sepanjang 3 km dari puncak 2000 menuju siosar serta pengerjaan lahan pertanian seluas 185ha dengan target penyelesaian pada 25 desember 2015. TPN akan mengkoordinasikan potensi kabupaten, provinsi dan nasional sesuai teori vertizontal dalam PB yang artinya pemerintah pusat dan daerah, lembaga lainnya serta masyarakatnya bersama-sama bekerja untuk membangun kembali kehidupan dan penghidupan masyarakat korban erupsi. Sinabung adalah kita!", ujar Syamsul Maarif.

Tim TPN yang dipimpin oleh Ir. Bambang Sulistyanto, MM Deputi Logistik dan Peralatan selaku Ketua Tim akan mulai bekerja besok (18/8) dengan menyusun program, strategi dan kebijakan percepatan Penanganan Bencana Sinabung bersama perwakilan KL terkait dan Pemerintah Daerah. Tim TPN akan berkantor sementara di Kodim 02/05 Kaban Jahe dan juga akan membangun "Rumah Komunikasi" di siosar sebagai wadah diskusi dan dialog dengan masyarakat dan tokoh setempat untuk percepatan. Selain fokus pada insfrastruktur, TPN juga akan memperhatikan potensi ekonomi produktif korban bencana sinabung untuk mempunyai profesi alternatif selain sebagai petani.

Pembentukan Tim TPN Percepatan Penanganan Bencana Erupsi Sinabung ini sesuai arahan Presiden RI dengan melibatkan potensi nasional. Hadir dalam acara ini, perwakilan dari Kementerian Sosial, PU Pera,Pertanian, BPKP, UMKM dan jajaran Pemkab Karo. Selain hadir untuk memperingati hari kemerdekaan RI bersama rakyat karo, Kepala BNPB juga melakukan kunjungan kerja untuk melihat progres relokasi pengungsi di Siosar. (To)

Related posts