18

2018-07

Sosialisasi dan Ground Cek Pemetaan Partisipatif Kebencanaan di Kota Palembang

PALEMBANG - Dalam rangka memperkuat kapasitas wilayah dari sisi kebencanaan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Direktorat Kesiapsiagaan, Selasa (03/07/2018) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pelaksanaan Ground Cek Pemetaan Partisipatif Kebencanaan di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

 

Kegiatan Sosialisasi dan Pelaksanaan Ground Cek Pemetaan Partisipatif Kebencanaan di Kota Palembang ini berlangsung dari hari Selasa, 03 Juli 2018 sampai dengan Jum’at, 06 Juli 2018.

 

Kegiatan tersebut digelar di Posko Karhutla, Kantor BPBD Provinsi Sumatera Selatan ini, dihadiri oleh sebanyak kurang lebih 70 orang yang terdiri dari unsur BNPB, BPBD Provinsi, DPK & PB (Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Sumatera Selatan),  serta 40 orang dari perwakilan kelurahan dan kecamatan yang berada disekitar veneue Asian Games, Stadion Jakabaring, Palembang, ikut ambil bagian dalam kegiatan pemetaan ini.

 

Acara dibuka langsung oleh, H. Syaifudin, SE, selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumatera Selatan. Selain itu juga hadir, sekaligus memberikan kata sambutan, Drs. H. Alhadir M.Si, selaku Sekretaris Dinas PK & PB Kota Palembang.

 

Sementara itu dari BNPB di hadiri oleh, Bambang Surya Putra, M.Kom selaku Kasubdit Peringatan Dini, didampingi Maryanto, M.Kom, selaku Kepala Seksi Pemaduan Sistem Jaringan, dan Staff serta Tim Pastigana selaku tim fasilitator dalam kegiataan pemetaan partisipatif tersebut.

 

Kegiatan Sosialisasi dan Pelaksanaan Ground Cek Pemetaan Partisipatif Kebencanaan di Kota Palembang ini sebagai rangkaian pemetaan partisipatif kebencanaan untuk 136 Kabupaten/Kota wilayah yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

 

BNPB telah berkomitmen menargetkan penurunan risiko bencana di 136 kabupaten/kota rawan bencana di Indonesia hingga tahun 2019. Ditetapkanya 136 kabupaten/kota dengan indikator memiliki pertumbuhan ekonomi tinggi dan pada daerah tersebut mengandung kerawanan bencana. Selain itu, wilayah tersebut menjadi wilayah perioritas penurunan risiko bencana nasional.

 

Pilihan Kota Pelembang, sekaligus untuk memperkuat kapasitas wilayah tersebut serta sebagai upaya persiapan menghadapi Asean Games 2018.

 

 

Direktorat Kesiapsiagaan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Graha BNPB, Lt.14, Jl.Pramuka Raya Kav.38, Jakarta Timur.

 

Related posts