TINGGI ANTUSIAS PENGUNJUNG PADA PAMERAN KEBENCANAAN

Pameran kebencanaan yang berlangsung pada (2/10) bertempat di Gor Tawang Alun, Kabupaten Banyuwangi ramai dikunjungi pengunjung. Salah satu stand Pameran Kebencanaan yang ramai dikunjungi pengunjung adalah stand Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menampilkan majalah Gema BNPB, Buku Baseline Kegunungapian Indonesia, Buku Dokumentasi Kegiatan Tahun 2011 dan 2012, Buku Data Bencana Indonesia Tahun 2010 dan 2011, Buku 5 Tahun BNPB, Buku Atlas Peta Risiko Bencana Indonesia Tahun 2012, beberapa leaflet kebencanaan diantaranya, waspada tanah longsor, awas kebakaran, Geospasi Informatika, Gempabumi, Data dan Informasi Bencana Indonesia, dan Poster Kebencanaan seperti, kebakaran lahan, waspada Tsunami, Waspada Bencana Banjir, Aktivitas Gunungapi serta Film Dokumentasi Kebencanaan diantaranya, Pesan Dari Samudra, Bencana Gunung Api, dan beberapa souvenir.

Salah satu pelajar dari SMKN 1 Glagah, Wardhana menuturkan, pameran kebencanaan ini sangat membantu kami dalam menambah pengetahuan mengenai kebencanaan karena referensi dalam penanganan bencana di sekolah masih minim. Salah satu pengunjung, “Ika Budi dari BPBD Kabupaten Situbondo, menuturkan “penanganan bencana membutuhkan penanganan yang intensif, dengan adanya pameran ini dapat mengetahui peran serta dan koordinasi antar instansi terkait penanganan bencana”.

Pameran ini diikuti pula oleh instansi terkait dari Kementerian/Lembaga, Lembaga Usaha (PLN, Artha Graha Peduli, Garuda Indonesia, Sampoerna Rescue, Sinarmas Grup, MNC Grup, PT Telkom, Alfa Mart), BPBD (Provinsi/Kabupaten/Kota), SKPD terkait tingkat Provinsi, Kabupaten Banyuwangi (BPBD, SKPD terkait, Koperasi dan UKM, Orsosmas (KRI, HFI, Pramuka, PMI, Jangkar Kelud, Kobar Semeru. Barang yang dipamerkan antara lain, peralatan penanggulangan bencana, kendaraan penanggulangan bencana, buku-buku kebencanaan, produk unggulan lokal dan kerajinan lokal. (Rsp)

Related posts