Wartawan Apresiasi Pelatihan oleh BNPB

Solo – Wartawan Peduli Bencana Jawa Tengah dan Solo Raya mengapresiasi pelatihan yang diadakan oleh BNPB melalui Pusat Data, Informasi dan Humas yang dimulai tanggal 7- 9 April 2015 di Solo. Salah satu wartawan dari Solo  TV Laras menyatakan bahwa pelatihan ini sangat berguna karena menambah wawasan dalam penanggulangan bencana.

“Kami jadi lebih mengerti bagaimana menghadapi situasi tanggap darurat bencana dan juga persiapannya,’ cetusnya.  Sedangkan dari  Metro TV Eka Hari Wibawa menyambut positif kegiatan forkom ini karena membuka jaringan dari  BNPB ketingkat daerah serta kita mengetahui standar baku di BNPB bagaimana jika terjadi bencana. “ Kita jadi saling mengenal wartawan dan bisa berbagi informasi tetapi lebih baik lagi jika kegitan forkom wartawan ini diadakan ditingkat lokal provinsi dan kabupaten/kota dan berdasarkan tingkat kerawanan bencananya.  Akan lebih baik jika BPBD yang mengambil peran ini” tambahnya.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas DR. Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan bahwa Forum Komunikasi Wartawan ini sudah merupakan kegiatan rutin tahunan BNPB. “ Kegiatan ini menekankan kepada praktek lapangan berupa pendirian tenda, dapur umum, water treatment, pertolongan pertama, trauma healing dan evakuasi di air”, imbuhnya.  Tahun ini kita akan mengadakan 2 kali Forkom wartawan, yang pertama di Solo dan kedua di Bali. Kegiatan Forum Komunikasi wartawan ini sudah dimulai dari tahun 2011 dengan peserta wartawan dari Jakarta.

Related posts