Wartawan Sumbar Peduli Bencana

PADANG - "Wartawan Sumbar Tangguh!" ucap serentak dari peserta kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Wartawan di Sumatera Barat. Sejumlah 40 wartawan yang mengikuti kegiatan tahunan BNPB ini sangat antusias dan bersemangat. Mereka mendapatkan beragam kegiatan teori dan praktek dari 3 - 5 September 2019, dengan mengusung tema "Kita Berbagi, Kita Mengedukasi, Kita Siaga."

Kepala Pelaksana BPBD Sumatera Barat Erman Rahman sekaligus membuka acara menyampaikan ucapan terima kasih kepada BNPB yang telah memberikan perhatian kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai dengan akhir. "Bencana apa saja ada di Sumatera Barat. Ada 1.106 kejadian bencana alam dan 28 orang meninggal di Sumbar, tahun 2018," ucap Erman pada Selasa (3/9).

Pada 30 September 2019 nanti adalah 10 tahun peringatan gempa di Sumatera Barat (Sumbar) yang rencananya akan diselenggarakan Sumatera Cerdas Bencana. Kami rangkul semua mitra kerja kami. "Pengetahuan bertambah saja tidak cukup, namun butuh pelatihan," ungkapnya. Kami juga perlu bersinergi dengan pekerja media. Tidak hanya pada masa tanggap darurat namun juga pada masa prabencana dan pascabencana. Selain itu, pemerintah daerah akan membangun 20 sistem peringatan dini atau early warning system (EWS) di wilayah pesisir. 

Kepala Bidang Humas BNPB, Rita Rosita mengatakan, penanggulangan bencana membutuhkan sinergi dari berbagai pihak, seperti pemerintah, akademisi, masyarakat, dunia usaha dan media massa atau disebut pentahelix. "Diharapkan melalui kegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi wartawan Sumbar di bidang penanggulangan bencana," ucapnya. 

Pada akhir materi, wartawan meminta materinya lebih dipertajam. Seperti teknik bertahan hidup di daerah bencana. Adanya simulasi bencana, dan bagaimana skenarionya. Serta _flowchart_ saat ada bencana siapa yang pertama kali dihubungi wartawan jika terjadi bencana. BPBD Provinsi Sumbar _platform_ me

Peserta Bimtek tersebut di antaranya perwakilan dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) Padang,  Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumbar, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar, serta BPBD Sumbar.

Narasumber bimtek di antaranya dari BNPB, BMKG, BPBD Provinsi Sumbar, Harian Kompas, Agence Frence Presse (AFP), Badan SAR Nasional, PMI, Jakarta Rescue, Tagana DKI Jakarta dan PMI Sumbar.

Humas BNPB

Related posts