Waspada Bencana, SMAN 2 Majalengka Gelar Simulasi Mitigasi Bencana Alam

Ratusan siswa perwakilan kelas X, XI dan XII SMAN 2 Majalengka mengikuti kegiatan Outing Clas Simulasi Mitigasi Bencana Alam bertempat di Aula terbuka SMAN 2 Majalengka Kamis (14/3/2019).

Ratusan siswa mendapat pembekalan materi sekaligus Simulasi Mitigasi Bencana Alam dari Badan Penanggulanagn Bencana Daerah (BPBD) Majalengka.  Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, setelah pembekalan materi Mitigasi Bencana Alam. Para siswa langsung melakukan simulasi gempa bumi. Simulasi diawali dengan terdengar bunyi peringatan berupa sirine yang dinyalakan tim BPBD.

Suara sirine yang nyaring diikuti sejumlah sisea yang keluar kelas dan berlarian menuju lapangan basket. Sejumlah tim BPBD nampak memberikan peringatan agar cepat menyelamatkan, disamping itu terlihat beberapa petugas P3K yang siaga membawa tandu.

Kepala Sekolah SMAN 2 Majalengka Suprapto mengatakan sekolah sengaja mengundang Tim BPBD Majalengka untuk melakukan Outing Clas Simulasi Mitigasi Bencana Alam "Kegiatan ini masih ada korelaai dengan  mata pelajaran Geografi, untuk memberikan wawasan dan pembekalan pada siswa seputar Mitigasi Bencana Alam," kata Suprapto.

Ia menambahkan, Majalengka termasuk wilayah rawan bencana seperti longsor, banjir, kebakaran dan juga merupakan kabupaten yang sangat dekat dengan gunung Ciremai. Sehingga menurut dia siswa harus tau bagaimana cara melakukan penyelamatan saat terjadi bencana. "Semoga dengan agenda hari ini para siswa dapat mentransfer ilmunya pada masyarakat di lingkungannya masing-masing,"harapnya.

Sementara itu Guru Mata Pelajaran Geografi Yeni Apriliiani sekaligus penanggung jawab kegiatan kegiatan Outing Clas Simulasi Mitigasi Bencana Alam mengaku kegiatan tersebut adalah yang pertama kali untuk kurikulum baru di tahun 2019 ini.

"Saya berharap dengan kegiatan ini, para siswa jadi cepat tanggap darurat  jika ada bencana di lingkungannya seperti kebakaran, longsor, banjir, gempa, dan lainnya. Disaamping itu mereka juga menjadi lebih peduli dengan alam," pungkas Yeni.

Sumber : www.tintahijau.com

Related posts