Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

4 TEWAS TERTIMBUN LONGSOR DI KEBUMEN

Dilihat 504 kali
4 TEWAS TERTIMBUN LONGSOR DI KEBUMEN

Foto : 4 TEWAS TERTIMBUN LONGSOR DI KEBUMEN ()

Hujan deras yang terjadi sejak Kamis sore (19/12) hingga Jumat dini hari (20/12) telah menyebabkan longsor di Dukuh Siregol RT 04 RW 02, Desa Kali Gending, Kec. Karang Sambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.  Longsor terjadi pada Jumat pukul 05.00 Wib yang menimpa satu rumah yang berisi 8 orang. 4 orang meninggal dunia yaitu Rusmiyati, (50, P), Sofa (5, P), Pamungkas (8 bulan, L), dan Lastri (30, P). Satu orang luka berat yaitu patah tulang dan luka-luka robek di tubuhnya (Pendi, 11, L) dan 3 orang luka ringan.

 

BPBD Kebumen bersama TNI, Polri dan relawan sudah di lokasi kejadian melakukan evakuasi. Korban luka dirawat di Puskesmas Karangsambung yang kemudian dirujuk ke rumah sakit. Pemda Jawa Tengah memberikan santuan Rp 4 juta untuk korban meninggal dan Rp 3 juta untuk korban luka berat.

 

Di Desa Kedungwaru, Kec. Prembun Kab Kebumen hujan juga telah menyebabkan  tanggul sungai Gentang jebol sehingga menimbulkan banjir. BPBD Kebumen  telah mengirim 500 karung pasir untuk perbaikan tanggul darurat. Selain itu juga mendistribusikan makanan siap saji. Info lanjut Sarwa (Kalak BPBD Jawa Tengah, 08122923656) dan Bashori (BPBD Kebumen 0287381240).

 

Masyarakat di daeah rawan longsor untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi longsor. Di Jawa Tengah di bagian tengah dan selatan curah hujan pada Januari 2013 diperkirakan akan tinggi hingga sangat tinggi sehingga daerah-daerah yang memiliki topografi perbukitan atau pegunungan rawan tinggi longsor seperti di Cilacap bagian selatan, Purwokerto, Purbalingga, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Boyolali, Purworejo, dan Karanganyar.

 

Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Pusat data Informasi dan Humas BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN