Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

511 JIWA PENGUNGSI ROKATENDA DIEVAKUASI KELUAR PULAU PALUE

Dilihat 290 kali
BAGIKAN
511 JIWA PENGUNGSI ROKATENDA DIEVAKUASI KELUAR PULAU PALUE

Foto : 511 JIWA PENGUNGSI ROKATENDA DIEVAKUASI KELUAR PULAU PALUE ()


Penanganan darurat erupsi Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kab. Sikka, Prov NTT masih dilakukan. Sejak meletus pada Sabtu (10/8) hingga hari ini sudah 511 jiwa masyarakat di sekitar G. Rokatenda yang dievakuasi keluar dari Pulau Palue  ke Maumere. Sebagian besar pengungsi adalah warga Pulau Palue di Kec Palue, Kab Sikka, khususnya dari kampung Koa, Desa Rokirole dan Nitung di Desa Nitunglea  dievakuasi  ke Maumere dan ke titik aman di Uwa, Desa Reruwerere  di Pulau Palue melalui Pantai Cua di Desa Nitunglea. Evakuasi berlangsung sejak Minggu (11/8) hingga hari ini. Evakuasi menggunakan 6 buah kapal motor yang telah disiapkan Pemda Sikka dan aparat di  Palue.
 
Di Maumere pengungsi ditempatkan untuk sementara di tenda-tenda di lapangan dan aula Kantor Bappeda Sikka. Nantinya pengungsi akan disebar ke beberapa gedung yang lebih memadai. Permakanan bagi pengungsi masih mencukupi hingga 4 hari ke depan.
 
BNPB  telah mengirimkan bantuan logistik ke Maumere berupa 20 ribu masker, 500 paket sandang, 500 paket family kit, 500 paket kid ware, dan 1.000 selimut. Kebutuhan mendesak yang diperlukan adalah tikar, air bersih, air mineral, permakanan, dan masker.
 
Sesuai dengan otonomi daerah, penanganan bencana juga desentralisasi. Penanggung jawab penanganan bencana adalah Bupati/Walikota dan Gubernur. BNPB memberikan pendampingan dalam teknis, administratif, peralatan, dan pendanaan. Oleh karena itu penanganan pengungsi, relokasi, tata ruang, penyediaan kebutuhan dasar dan sebagainya adalah kewenangan Pemda. Saat ini 15 personil BNPB berada di Maumere dan Palue untuk mendampingi BPBD mendirikan posko, membentuk struktur organisasi tanggap darurat, mendirikan media center, administrasi penggunaan dana siap pakai dll.
 
Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Admin

Penulis