Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Banjir di Aceh Selatan Berangsur Surut

Dilihat 985 kali
Banjir di Aceh Selatan Berangsur Surut

Foto : Kondisi Banjir di Aceh Selatan (11/8) (BPBD Aceh Selatan)

JAKARTA- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, sehingga mengakibatkan Banjir, pada Jumat, (11/10) Pukul 02.00 WIB

Berdasarkan laporan dari Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), wilayah terdampak di Desa Pulo Le Dua, Kecamatan Pasie Raja. Banjir dengan tinggi muka air antara 10 cm hingga 60 cm mengakibatkan 8 KK dan 26 jiwa terdampak, sedangkan kerugian material sebanyak 7 rumah terendam banjir.

Penanganan banjir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan melakukan pemantauan langsung di lokasi banjir, dan melalukan asesmen. Hasil pemantauan air perlahan surut dan masyarakat sudah kembali beraktivitas seperti semula.

Berdasarkan kajian InaRisk menunjukan Kabupaten Aceh Selatan memiliki potensi bahaya banjir dengan tingkat sedang hingga tinggi. Tujuh belas kecamatan terdampak termasuk pada sejumlah wilayah dengan potensi tersebut. 

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) prakiraan cuaca di wilayah Kabupaten Aceh Selatan. Pada Minggu (13/8) cuaca cenderung hujan disertai petir, sedangkan Senin (14/8) kondisi cuaca cerah berawan.

Meksipun kondisi banjir telah surut, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap siap siaga dan waspada menghadapi potensi banjir. Warga dapat mengantisipasi mempersiapkan langkah kesiapsiagaan dengan membersihkan dan memelihara area aliran sungai secara berkala, membuat area penampungan air. Untuk kesiapsiagaan meskipun prakiraan cuaca berangsur cerah, masyarakat agar mewaspadai jika terjadi hujan lebat dengan durasi lebih dari satu jam

 

Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN