Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Empat Rumah Terbawa Arus Banjir di Kabupaten Buol

Dilihat 686 kali
Empat Rumah Terbawa Arus Banjir di Kabupaten Buol

Foto : Kondisi rumah warga pasca kejadian banjir Kecamatan Paleleh, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah pada Minggu (8/4). (BPBD Kabupaten Buol)

JAKARTA – Empat rumah terbawa arus saat banjir melanda Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah pada Minggu (7/4) pukul 20.00 WITA. Banjir dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan meluapnya sungai di Desa Talaki, Kecamatan Paleleh, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

Banjir menggenangi tiga desa di dua kecamatan antara lain Kecamatan Paleleh dan Paleleh Barat. Air menggenangi pemukiman warga dengan ketinggian mencapai 100 sentimeter. 

Kaji cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buol mencatat 2.490 jiwa terdampak banjir. Selain empat rumah terbawa arus banjir, 664 unit rumah lainnya ikut terdampak. 

Kondisi terkini pada Senin (8/4) genangan air telah surut. Walaupun demikian, aktivitas warga di dua kecamatan terdampak lumpuh. Banjir menghanyutkan perkakas rumah tangga dan menyisakan endapan lumpur. 

BPBD Kabupaten Buol bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah mendirikan dapur umum di masing-masing kecamatan terdampak untuk memenuhi kebutuhan permakanan warga. Siang hari ini BPBD setempat akan melaksanakan giat pembersihan lingkungan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat Kabupaten Buol untuk selalu waspada akan banjir susulan mengingat prakiraan cuaca BMKB menunjukkan potensi hujan disertai petir pada siang hari ini. 



Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN