Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

GEMPA 5,6 SR GUNCANG ACEH BESAR, MASYARAKAT BERHAMBURAN KELUAR RUMAH

Dilihat 514 kali
GEMPA 5,6 SR GUNCANG ACEH BESAR, MASYARAKAT BERHAMBURAN KELUAR RUMAH

Foto : GEMPA 5,6 SR GUNCANG ACEH BESAR, MASYARAKAT BERHAMBURAN KELUAR RUMAH ()

Telah melaporkan adanya gempabumi dengan kekuatan 5,6 SR pada Selasa (22-10-2013) pukul 12:40:34 WIB. Pusat gempa  di darat pada kedalaman 10 km, di koordinat 5.29 LU dan 95.42 BT. Pusat gempa 16 km BaratDaya Kab. Aceh Besar atau 32 km Tenggara Kota Banda Aceh. Sumber gempa berasar dari Sesar Sumatera. Gempa tidak berpotensi tsunami. 

Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa di Aceh Besar. Dilaporkan gempa dirasakan kuat oleh masyarakat selama 8-10 detik. Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah.  Belum ada laporan kerusakan. Masyarakat telah kembali tenang dan normal aktivitasnya. 


Berasarkan peta guncangan gempa, di pusat gempa memiliki intensitas VI MMI (kuat) sedangkan di sekitarnya berintensitas IV-V MMI (ringan hingga sedang). BPBD Aceh Besar masih melakukan pemantauan dampak gempa. Jika ada informasi terkait dampak gempa akan disampaikan lagi. 


Masyarakat dihimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman gempa. Gempabumi bersifat mendadak. Belum ada sistem peringatan dini gempa. Kemampuan Indonesia mendeteksi gempa adalah 5 menit setelah kejadian gempa, baik kekuatan, kedalaman, dan lokasi gempabumi. Jika terjadi gempa segera keluar rumah dan berlindung di tempat yang aman. Cara-cara mengenali bencana dan antisipasinya dapat diakses padawww.bnpb.go.id


Sutopo Purwo Nugroho

Kepala  Pusat data Informasi dan Humas 

Penulis

Admin


BAGIKAN