Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

KEPALA BNPB TELAH MELAPORKAN KEPADA PRESIDEN, DAMPAK GEMPA BERTAMBAH.

Dilihat 500 kali
KEPALA BNPB TELAH MELAPORKAN KEPADA PRESIDEN, DAMPAK GEMPA BERTAMBAH.

Foto : KEPALA BNPB TELAH MELAPORKAN KEPADA PRESIDEN, DAMPAK GEMPA BERTAMBAH. ()

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, telah melaporkan perkembangan dampak gempabumi 5,6 SR di 16 km barat daya Aceh Besar kepada Presiden. Dampak gempa merusak di Kab Pidie yang meliputi 3 kecamatan yaitu Kec Tangse, Kec  Mane dan Kec Geumpang.
Berdasarkan data sementara yaitu di Kec Tangse, Pidie korban: 1 tewas (karena serangan jantung) dan 3 luka-luka (2 dirujuk di RS Sigli). Kerusakan: 368 unit rumah, 9 unit masjid, 8 unit meunasah, 13 unit sekolah, 2 jembatan, 36 unit ruko, 1 Pustu, 3 kantor pemerintah. Belum dilakukan verifikasi tingkat kerusakan apakah rusak berat, rusak sedang maupun rusak ringan. Ada 5 desa di Kec Tangse yang mengalami kerusakan cukup parah yaitu Desa Lubok Badeuk, Pulo Kawa, Pulo Sunong, Keude Tangse, dan Blang Bungong. Sedangkan data kerusakan dari Kec Mane dan Geumpang belum masuk laporannya.
Upaya yang sudah dilakukan antara lain BPBD Pidie telah mendirikan tenda, mendistribusikan logistik, mendirikan Posko di Kantor Kec. Pidie, koordinasi dengan Muspida, SKPD, TNI, dan Polri. Pendataan masih dilakukan. TRC BNPB sedang menuju Pidie. Saat ini sedang dlakukan rapat koordinasi untuk melakukan penanganan tanggap darurat.
Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB