Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Manokwari Selatan Diguncang Gempa Magnitudo 6.1

Dilihat 516 kali
Manokwari Selatan Diguncang Gempa Magnitudo 6.1

Foto : Shakemap BMKG atas peristiwa Gempa Magnitudo 6.1 di Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat (9/4) (BMKG)

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat, Selasa (9/4), pukul 07.02 waktu setempat. 

Menurut data yang dilaporkan , lokasi gempa berada di 42 kilometer Tenggara Ransiki Papua Barat, 73 kilometer Barat Daya Pulau Numfor Papua, 89 kilometer Tenggara Manokwari Selatan, 3122 Timur Laut Jakarta. 

Lokasi episenter gempa ini berada di laut dengan titik koordinat 1.51 Lintang Selatan dan 134.54 Bujur Timur dengan kedalaman hiposenternya 10 Kilometer. 

Masyarakat menyebutkan gempa ini dirasakan sangat kuat selama 3 detik di Manokwari Selatan, Papua Barat. Meski pusat gempa ini berada di  laut, namun gempa ini tidak berpotensi tsunami. 

Laporan terkini yang disampaikan oleh BPBD Provinsi Papua Barat, tercatat tidak ada korban jiwa maupun materi di wilayah Manokwari Selatan dari peristiwa terjadi nya gempa ini dan masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa pasca gempa tersebut serta tidak terjadi kepanikan, namun BPBD Provinsi Papua Barat terus melakukan monitoring serta koordinasi dengan dengan dinas terkait di setiap Kabupaten, Kecamatan dan Desa guna mendapatkan informasi dampak lanjutan gempa ini. 




Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN