Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Tiga Rumah Warga Pasaman Barat Rusak Berat Akibat Banjir

Dilihat 807 kali
Tiga Rumah Warga Pasaman Barat Rusak Berat Akibat Banjir

Foto : Banjir mengakibatkan kerusakan rumah warga di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatra Barat, pada Rabu (3/4), pukul 20.00 WIB. (BPBD Kabupaten Pasaman)

JAKARTA – Banjir mengakibatkan kerusakan rumah warga di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatra Barat, pada Rabu (3/4), pukul 20.00 WIB. Insiden ini tidak menimbulkan adanya korban jiwa dan banjir telah surut. 

Banjir ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi pada pukul 15.00 hingga 20.00 WIB yang terjadi kemarin (3/4). Hujan lebat tersebut menyebabkan debit air Sungai Batang Barulak Jorong Perhimpunan Nagari Siniruik meluap. Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat meriis rumah rusak berat sebanyak 10 unit. 

Saat bencana terjadi, tinggi muka air tercatat 100 – 150 cm yang menggenangi 4 nagari di Kecamatan Talamau. Nagari atau desa terdampak yaitu Nagari Sinuriuk Kemakmuran, Sinuriuk Benteng, Sinuriuk Harapan dan Sirah. 

Menyikapi kondisi saat itu, personel BPBD langsung memberikan pertolongan kepada warga. Sebanyak 11 KK atau 69 jiwa dievakuasi menuju BKPSDM. Sedangkan populasi terdampak sejumlah 272 KK atau 1.360 jiwa. BPBD juga telah mendistribusikan makanan siap saji dan selimut kepada para warga terdampak. 

Pada hari ini, petugas BPBD setempat melanjutkan pendataan dampak banjir. Selain itu, bersama dengan warga, para petugas membersihkan material sampah yang terbawa banjir. 

BNPB tetap meminta BPBD dan masyarakat untuk waspada dan siap siaga. Prakiraan cuaca pada esok hari, Jumat (5/4), masih berpeluang hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Sementara itu, pada hari ini dan esok di wilayah Pasaman Barat berpeluang hujan ringan hingga petir. 


Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN